Jumat, 25 Juni 2010

tokyo




Tokyo (東京; Tōkyō, harafiah: ibu kota timur) adalah ibu kota Jepang sekaligus daerah terpadat di Jepang, serta daerah metropolitan terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduknya (33.750.000 di perkotaan dan sekitarnya).
Sekitar 12 juta orang tinggal di Tokyo dan ratusan ribu lainnya berpulang pergi setiap hari dari daerah sekitarnya untuk bekerja dan berbisnis di Tokyo. Tokyo adalah pusat politik, ekonomi, budaya dan akademis di Jepang serta tempat tinggal kaisar Jepang dan kursi pemerintahan negara, dan sekaligus merupakan pusat bisnis dan finansial utama untuk seluruh Asia Timur.
Tokyo mempunyai jauh lebih sedikit gedung pencakar langit dibandingkan dengan kota lain yang seukurannya karena peraturan konstruksi gempa buminya. Bangunan di Tokyo kebanyakan terdiri dari apartemen tingkat rendah (6 hingga 10 lantai) dan rumah keluarga yang sempit. Tokyo juga merupakan lokasi sistem transportasi massal paling kompleks di dunia, dan terkenal akan jam-jam sibuknya yang padat.
Tokyo secara harafiah berarti "ibu kota timur" dalam bahasa Jepang, arti yang berlawanan dengan ibu kota lama di barat, Kyoto, yang dinamakan "saikyo", berarti "ibu kota barat" untuk jangka waktu yang pendek pada abad ke-19. Hingga tahun 1870-an, Tokyo bernama "Edo". Ketika pusat kekaisaran berpindah dari Kyoto ke Edo, namanya pun diganti.

Geografi

Prefektur Tokyo dibagi kepada Daratan dan kepulauan. Bagian Daratan terletak di sebelah barat laut Teluk Tokyo, sekitar 90 km timur ke barat, dan 25 km utara ke selatan. Tokyo berbatasan dengan Prefektur Chiba di timur, Prefektur Yamanashi di barat, Prefektur Kanagawa di selatan, dan Prefektur Saitama di utara. Kepulauanannya terdiri dari Kepulauan Izu dan Kepulauan Ogasawara, memanjang sekitar 1.000 km ke Samudra Pasifik.
[sunting]Distrik kota/daerah pemilihan
Prefektur Tokyo mempunyai 23 distrik khusus yang terdiri dari:


Shibuya, yang dianggap sebagai pusat budaya remaja Jepang, mempunyai salah satu penyeberangan umum tersibuk di dunia, di depan pintu keluar Hachikō stasiun Shibuya.
Adachi
Arakawa
Bunkyo
Chiyoda
Chuo
Edogawa
Itabashi
Katsushika
Kita
Koto
Meguro
Minato
Nakano
Nerima
Ota
Setagaya
Shibuya
Shinagawa
Shinjuku
Suginami
Sumida
Toshima
Taito
[sunting]Ekonomi



Kuil Yasukuni, tempat peristirahatan terakhir untuk banyak dari korban perang Jepang.
Tokyo adalah rumah bagi banyak perusahaan dalam sektor ekonomi nasional dan dunia.

Demografi

Menurut usia (2002):
Anak-anak (0-14): 1,43 juta (12%)
Penduduk yang bekerja (15-64): 8,5 juta (71,4%)
Penduduk senior (65+): 1,98 juta (16,6%)
Populasi penduduk asing: 327.000 (2001)
Pertumbuhan populasi bersih: +68.000 (2000 hingga 2001)
[sunting]Budaya

Tempat keagamaan penting di Tokyo:
Kubizuka
Kuil Meiji
Sensoji
Katedral St. Nikolai
Kuil Yasukuni

Lingkungan

Akasaka
Akihabara
Aoyama
Asakusa
Ebisu
Ginza
Harajuku
Hibiya
Ikebukuro
Kabuki-cho
Nihombashi
Odaiba
Roppongi
Shibuya
Shinagawa
Tsukiji
Ueno

dikutip dari wikipedia bahasa indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar